Friday, April 15, 2005

Mentruasi di masa lampau

Dongeng tentang haid
Menstruasi adalah perihal yang di masa lalu, sarat dengan anggapan tabu. Mary Daly mengakui bahwa "Sejarah menunjukkan bagaimana di masa lalu, para pria merasa takut, benci dan cemburu kepada wanita yang sedang mengalaminya. Perempuan menstruasi disebut dekil, sakit, labil, dan tidak suci. Darah haid menjadi semacam perlambang rasa malu ( Gyn/Ecology 1979). Wanita-wanita haid dikeluarkan dari masyarakat, agar mereka tidak menyebarkan infeksi kepada para laki-laki, mengotori makanan atau membuat bercak di cermin dengan nafas mereka. Mereka juga harus dikurung dalam gubuk haid.

Ajaran kaum ortodox Yahudi, mensyaratkan sebuah upacara agama yang dinamakan mikveh, dimana seorang wanita harus mandi dan berendam setelah masa mens mereka selesai, untuk membuat ' bersih' lagi. Hal tersebut juga disyaratkan pada pengantin perempuan, sebelum melakukan upacara pernikahan. Torah juga melarang hubungan badan bagi para pasangan, disaat si istri sedang dalam masa menstruasi.

Format tabu yang dipasang pada para wanita haid, serupa pada wanita yang sedang melahirkan bayi, sebab mereka sama-sama dalam kondisi mengeluarkan darah. Pada saat seorang wanita selesai melahirkan, adalah kondisi dimana mereka tidak bisa langsung “disentuh”. Sehingga " tabu haid" adalah suatu tabu pada saat para wanita berada dalam keadaan pergantian darah.

Di masa sebelum masehi, dimana Tuhan dianggap “berkelamin” perempuan, dan para Dewi masih dipuja, semua wanita dan semua hal-hal yang feminin, menikmati suatu status yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Darah haid perempuan disebut 'Moon-Gift dari Dewi' dan memiliki nilai simbolik yang tinggi. Budaya agrikultur yunani kuno, mencampurkan darah haid dengan bibit tanaman yang akan ditanam, sebagai 'pupuk terbaik'. Sangat kontras dengan apa yang akhirnya dialami oleh para wanita yang sedang menstruasi beberapa tahun kemudian. (The Women's History of the World by Rosalind Miles)

Siklus bulanan pada wanita, juga dianggap memiliki hubungan lekat dengan bulan. Bulan memiliki irama alam; air surut dan arus dari semua makhluk hidup. Sebelum cahaya buatan ditemukan, para wanita dikabarkan pada keadaan subur tepat pada saat bulan purnama dan menstruasi pada saat bulan baru. Suku Maori menyebut haid dengan "matamarama" yang berarti penyakit bulan dan di berbagai belahan dunia ini, haid dan bulan adalah kata yang sama. Bulan, dalam terminologi astrologi, melambangkan wanita dan mengungkapkan sekaligus menguraikan perasaan emosional alami kita.

Referensi:
Gyn/Ecology (1979) Mary Daly
The Wise Wound: Menstruation & Everywoman (1978)Penelope Shuttle & Peter Redgrove
Menstruation & Menopause by Paula Weidegar - The Women's Press
History's Mistress (1985) Paula Weidegar
The Descent of Woman (1972) Elaine Morgan
The Women's History of the World by Rosalind Miles (Palladin)

Tuesday, April 12, 2005

Menstruasi

Kutukan dari masa Lalu?

Semenjak dahulu kala, orang banyak berbicara tentang ketimpangan sosial berdasarkan jenis kelamin tetapi hasilnya belum banyak mengalami kemajuan. Persepsi itu memang sulit dihilangkan karena berakar dari atau didukung oleh ajaran teologi. Padahal Max Weber pernah menegaskan bahwa tidak mungkin mengubah perilaku masyarakat tanpa mengubah sistem etika, dan tidak mungkin mengubah etika tanpa meninjau sistem teologi dalam masyarakat.

Diskursus mengenai perempuan, seringkali terlalu tematis sehingga dilupakan persoalan asasinya. Mereka percaya bahwa perempuan ideal ialah mereka yang bisa hidup di atas kodratnya sebagai perempuan, dan kodrat itu dipahami sebagai takdir (divine creation), bukan konstruksi masyarakat (social construction). Padahal, peran perempuan tak akan pernah bisa dilepaskan dari lingkungannya, dimana kesadaran akan hal tersebut akan tumbuh secara signifikan, sejalan dengan semakin tumbuhnya kedewasaan seseorang.

Bicara kedewasaan, wanita terutama. biasanya kita akan melihatnya dari cara berpikir, cara berbicara, dan cara dia menyelesaikan masalah yang muncul. Selain itu, dapat pula kita amati dari perubahan-perubahan siklik pada alat kandungannya sebagai persiapan untuk kehamilan. Perubahan-perubahan siklik inilah, yang dalam tulisan ini akan coba dipaparkan, dalam berbagai sudut, mulai dari sejarah, kacamata kebidanan (untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi), dan apa yang seharusnya menjadi sikap kita dalam menyikapi hal “kedewasaan” ini.

Dari masa yang telah lalu
Mitologi Mesir Kuno dan Asia Tengah pada umumnya, yang menganut faham The Mother God. Bulan misalnya dianggap sebagai "Ibu Alam Semesta" (The Mother, of Universe) karena mempunyai cahaya yang membawa kesuburan dan sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup. Namun demikian, tak kurang anggapan negatif dan bahkan sampai ke kutukan tentang berbagai hal yang menyangkut perempuan. Seperti mitos tentang wanita haid seolah-olah ia tidak dipandang dan diperlakukan sebagai manusia, karena selain harus diasingkan juga harus melakukan berbagai kegiatan ritual yang berat. Bangsa arab, sebelum datangnya Islam, punya anggapan memiliki anak perempuan adalah sebuah kesialan, dan untuk itu, harus dibunuh.

Di antara kutukan perempuan yang paling monumental ialah menstruasi. Teologi menstruasi ini kemudian menyatu dengan berbagai mitos yang berkembang dari mulut ke mulut (oral tradition) ke berbagai belahan bumi. Teologi menstruasi dianggap berkaitan dengan pandangan kosmopolitan terhadap tubuh wanita yang sedang menstruasi. Perilaku perempuan di alam mikrokosmos diyakini mempunyai hubungan kausalitas dengan alam makrokosmos. Peristiwa-peristiwa alam seperti bencana alam, kemarau panjang dan berkembangnya hama penyebab gagalnya panen petani dihubungkan dengan adanya yang salah dalam diri perempuan.

Menurut kepercayaan Yahudi, darah menstruasi (menstrual blood) dianggap darah tabu (menstrual taboo) dan perempuan yang sedang menstruasi, harus hidup dalam menstrual huts, yakni suatu gubuk khusus yang dirancang untuk tempat hunian para perempuan menstruasi atau mengasingkan diri di dalam goa-goa, tidak boleh bercampur dengan keluarganya, tidak boleh berhubungan seks, dan tidak boleh menyentuh jenis masakan tertentu, dan bila tetap memasak, masakannya tidak layak dimakan oleh orang lain, bahkan anggota keluarganya sendiri. Satu hal yang lebih penting ialah tatapan mata (menstrual gaze) dari mata wanita sedang menstruasi yang biasa disebut dengan "mata iblis" (evil eye) yang harus diwaspadai, karena diyakini bisa menimbulkan berbagai bencana. Perempuan harus mengenakan identitas diri sebagai isyarat tanda “bahaya” (signals of warning) manakala sedang menstruasi, supaya tidak terjadi pelanggaran terhadap menstrual taboo. Dari sinilah asal-usul penggunaan kosmetik yang semula hanya diperuntukkan kepada perempuan sedang menstruasi. Barang-barang perhiasan seperti cincin, gelang, kalung, giwang, anting-anting, sandal, selop, lipstik, shadow, celak, termasuk cadar/jilbab (hoods/veils) ternyata adalah aksesories yang menjadi penanda bahwa seorang wanita sedang berada pada masa mens (menstrual creations).

Kerudung/cadar , dianggap mampu menghalangi dan sekaligus mencegah "si mata Iblis" dalam melakukan aksinya. Dengan memakainya, pandangan mata seorang perempuan yang sedang dalam masa menstruasi terhadap cahaya matahari dan sinar bulan, dapat dihalangi. Dalam masa itu, pandangan perempuan yang sedang menstruasi dianggap tabu dan dapat menimbulkan bencana di dalam masyarakat dan lingkungan alam. Selain mengenakan cadar perempuan haid juga menggunakan cat pewarna hitam (cilla') di daerah sekitar mata guna mengurangi ketajaman pandangan matanya. Ada lagi yang menambahkan dengan memakai kalung dari bahan-bahan tertentu seperti dari logam, manik-manik, dan bahan dari tengkorak kepala manusia.

Tradisi Yahudi ini kemudian runtuh secara perlahan, saat Islam masuk. Nabi Muhammad SAW, memiliki pendapat yang lain, bahwasanya "lakukanlah segala sesuatu (kepada isteri yang sedang haydl) kecuali bersetubuh". Pernyataan Rasulullah ini sampai kepada orang-orang Yahudi, lalu orang-orang Yahudi dan mantan penganut Yahudi seperti shock mendengarkan pernyataan tersebut. Apa yang selama ini dianggap tabu tiba-tiba dianggap sebagai "hal yang alami". Untunglah, kita tidak hidup di masa lalu yang untuk mencari jalan keluar dari masalah rutinitas biologis kewanitaan saja harus berhadapan dengan tetek bengek peraturan.

Apa yang sebenarnya terjadi
Proses haid atau mensis, dalam istilah kebidanan, terjadi bila tidak adanya proses pembuahan, sehingga korpus luteum berdegenerasi dan ini mengakibatkan bahwa kadar estrogen dan progesteron menurun. Hal ini ber-efek pada arteri yang berkeluk-keluk di endometrium (dinding rahim), dan menampakkan dilatasi dan statis dengan hyperemia yang diikuti oleh spasem dan iskemia. Sesudah itu terjadi degenerasi serta pelepasan endometrium yang nekrotik. Inilah yang biasanya dilihat sebagai darah haid, dan menjadi “urusan mengisi rekening” dari berbagai kalangan industrialis yang berslogan ‘anti bocor’, ‘anti tembus’ dan ’pake sayap’ itu.

Lamanya siklus haid yang normal atau yang dianggap sebagai siklus haid klasik adalah 28 hari ditambah atau dikurangi dua sampai tiga hari. Siklus ini dapat berbeda-beda pada wanita yang normal dan sehat.
Pada tiap siklus dikenal tiga masa utama, ialah sebagai berikut:
Masa haid selama dua sampai delapan hari. Pada waktu itu, endometrium lepas dilepas, sedangkan pengeluaran hormon-hormon ovarium paling rendah (minimum)
Masa Proliferasi sampai hari kempat belas. Pada waktu itu, endometrium tumbuh kembali, disebut juga endometrium mengadakan proliferasi. Antara hari kedua belas dan keempat belas dapat terjadi pelepasan ovum dari uvarium yang disebut ovulasi.
Sesudahnya, dinamakan masa sekresi. Pada ketika itu, korpus robrum menjadi korpus luteum yang mengeluarkan progesterone. Di bawah pengaruh hormon ini, kelenjar endometrium tumbuh berkeluk-keluk mulai bersekresi dan mengeluarkan getah yang mengandung likogen dan lemak. Pada masa ini stroma endometrium berubah ke arah sel-sel desidua, terutama yang berada di sekitar pembuluh-pembuluh arterial. Keadaan ini memudahkan adanya nidasi.


Lalu ……..
Istilah menstruasi dalam literatur Islam disebut haydl, dimana dalam al-Qur'an hanya disebutkan empat kali dalam dua ayat. Dari segi penamaan saja, kata haydl sudah lepas dari konotasi teologis seperti agama-agama dan kepercayaan sebelumnya. Masalah haydl dijelaskan dalam Q., s. al-Baqarah/1:222:
Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang haidh. Katakanlah: "Haydl itu adalah 'kotoran' oleh karena itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haydl; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Al-Razi dalam tafsirnya memberikan alternatif lain dengan mengatakan bahwa kalimat al-mahidl yang pertama berarti al-haydl, sedangkan yang kedua berarti tempat haid. Implementasi dari pengertian ini ialah persoalan haid sebagaimana yang ditanyakan sahabat Nabi dan sekaligus menjadi sabab nuzul ayat itu hanyalah persoalan fisik-biologis, tempat keluarnya darah haidh itu bukan persoalan tabunya darah haid seperti yang dipersepsikan oleh umat-umat terdahulu.

Perintah untuk "menjauhi" (fa'tazilu) dalam ayat di atas bukan berarti menjauhi secara fisik (li al-tab'id) tetapi memisahkan atau menghindarkan diri untuk tidak berhubungan langsung (i'tizal). Sedangkan darah haid disebut al-adzan karena darah tersebut adalah darah tidak sehat dan tidak diperlukan lagi oleh organ tubuh wanita. Bahkan kalau darah itu tinggal di dalam perut akan menimbulkan masalah, karena itulah disebut adzan.
Dalam ilmu kebidanan juga disebutkan bahwasanya proses mens merupakan sebuah proses degenerasi sel-sel untuk reproduksi yang berlaku secara rutin, dalam siklus bulan. Jadi, sebenranya bukan sebuah masalah yang aneh. Hanya tinggal bagaimana kita menyikapinya secara dewasa dan logis. Yang jelas, kalau setelah selesai haid, harus “bebersih”. Mengenai pembersihan diri (thaharah) dari haydl, dalam Islam tidak pula dikenal adanya upacara ritual khusus seperti dalam agama Yahudi dan kepercayaan-kepercayaan sebelumnya. Jumhur ulama berpendapat bahwa sesudah hari ketujuh ia sudah dapat dianggap bersih setelah mandi, kecuali Abu Hanifah berpendapat tidak harus mandi tapi cukup membersihkan tempat keluarnya darah haid dan juga tidak perlu menunggu tujuh hari. Sekalipun kurang tujuh hari kalau sudah merasa bersih sudah dapat melakukan ibadah secara rutin.

Monday, April 11, 2005

Tujuh

Angka tujuh di sini semata-mata berdasar pada kebiasaan wanita bahwa umumnya mereka menjalani masa haid selama tujuh hari, tidak ada hubungannya sama sekali dengan angka tujuh seperti yang dianut dalam agama Yahudi. Ini bisa dilihat dalam diskursus empat imam madzhab: Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i, dan Imam Ahmad, sama sekali tidak pernah ada yang menyinggung hubungan antara angka tujuh hari dengan penciptaan dan perilaku makrokosmos.

Sunday, April 10, 2005

Mensetory

Sstt, dengerin deh cerita yang satu ini......." Eh , jangan deket - deket sama cewek itu, dia kena kutuk lho," kata Suti. " Masa sih ? Yang benar dong kalo ngomong , jangan asal aja," Jawab Dina."Eh , dibilangin nggak percaya . " " Emang kenapa sih cewek itu ?"." Itu tuh , dia mens.........." " Lho , emang napa kalo cewek mens, kan normal?" Dian bertanya heran ." Iya, tapi dia tuh sudah mens sejak kelas 3 SD, coba bayangin , apa itu normal. Kan yang namanya mens itu kalo udah SMP, kaya ' seumur kita -kita gini," kata Suti ngotot.
"2 Minggu yang lalu , saya baru mendapat mens . Koq sekarang sudah mens lagi. Kira-kira normal nggak sih ?"
"Saya kok belum dapet mens ya..... padahal sekarang saya udah kelas 3 SMU. Saya kan jadi minder , apalagi teman se-gank saya sudah dapet."Wah, nano-nano ya... ceritanya. Dapet mens bingung, belum dapet....... tambah puyeng { ^ - ^ }. Sebenarnya apa dan gimana sih menstruasi itu ? Penasaran ? Mau tau jawabannya ? Ok, simak deh yang satu ini.................
Menstruasi , sebenarnya adalah peristiwa alamiah , yang menandakan tubuh kita sehat dan sistem reproduksi kita bekerja dengan semestinya. Dan..... menstruasi bukanlah kutukan (Catet !!!)
Jadi cerita pertama itu nggak bener dong, tapi, kok dia udah dapet menstruasi padahal baru kelas 3 SD ? Memang , nggak seorangpun yang bisa tau secara pasti tanggal, hari dan jam berapa menarche (menstruasi pertama kali) akan datang.
Pada umumnya, menarche terjadi pada umur 13 tahun , tapi tidak tertutup kemungkinan datang di usia 9 tahun ( termuda ) atau malahan baru dateng di usia 17 tahun.
Keadaan gizi yang makin baik akan mempercepat pula kematangan organ-organ reproduksi kita , artinya makin cepat pula datengnya menarche kita. Tapi, kalo sampai umur 17 tahun lebih kamu belum juga menstruasi, segera periksa ke dokter deh , siapa tau ada yang nggak beres dengan organ reproduksi kamu.

Di tubuh kita sebenarnya terdapat jam biologis yang berpusat di kelenjar hipofisis di dasar kepala. Nah, pada saatnya nanti kelenjar ini ngasih pesan ke tubuh tanda tibanya waktu bagi organ seks untuk mulai berfungsi . Pada cewek peristiwa ini disebut menarche (menstruasi pertama kali) , itu berarti organ reproduksinya normal dan fisiknya akan mulai terbentuk layaknya perempuan dewasa.

Setiap bulan, salah satu ovarium (indung telur) akan menghasilkan satu sel telur yang matang. Untuk diketahui setiap cewek punya dua ovarium yang menghasilkan ovum (sel telur) secara bergantian setiap bulannya. Sebelum terjadi ovulasi (pelepasan ovum dari ovarium). Kelenjar hipofisis akan menaikkan kadar hormon estrogen dan progesteron. Hormon estrogen ini yang bikin lapisan lembut (endometrium) pada dinding rahim sebelum telur dilepaskan oleh indung telur. Sedangkan hormon progresteron ngasih tau ke rahim untuk menjaga endometrium agar tidak luruh, ini fungsinya untuk mempersiapkan seandainya terjadi pembuahan maka disitulah nantinya embrio akan tumbuh dan berkembang menjadi bayi.

Kalo sudah dilepaskan, si sel telur akan ditangkap oleh tangan-tangan fimbriae trus dia jalan-jalan ke tuba fallopii en berakhir sampai ke rahim. Nah kalo pas jalan-jalan tadi si sel telur itu nggak ketemu sperma yang membuahinya, ia bakal mati dalam waktu 24 jam, luruh bersama dengan lapisan rahim tadi dan keluar melalui vagina berupa darah. Inilah yang disebut menstruasi.
Biasanya menstruasi terjadi sekitar 3 hingga 7 hari. Dua atau tiga hari pertama emang cukup banyak darah yang keluar, tapi hari berikutnya, jumlah tersebut berkurang hingga berhenti sama sekali.


Eh eh eh..............jangan berhenti dulu, ini belum selesai ceritanya. Tadi udah tau cerita tentang menstruasi sekarang kenalan juga dong ama siklus menstruasi....................
Siklus menstruasi adalah rentang waktu dari setiap menstruasi. Siklus ini berlangsung hingga perempuan berusia 45-55 tahun. Siklus menstruasi panjangnya bervariasi. Normalnya sih 21 hari bagi yang bersiklus pendek dan 35 hari bagi yang bersiklus panjang. Jadi, jangan kaget jika ada yang siklusnya berubah-ubah. Hal itu masih dapat dikatakan normal. Lagian menstruasi juga dipengaruhi sama kondisi fisik dan psikismu (contoh nih, faktor stres dan kelelahan).

Sekilas Info nih,
Pada beberapa cewek terkadang mengalami nyeri sebelum atau pada saat menstruasi. Ada juga yang mual, pegal-pegal, sakit perut, pusing.... de el el. Malahan ada yang pake acara pingsan segala lho.... (waduh gawat dong). Nyeri yang dirasakan pada saat menstruasi itu diakibatkan adanya kontraksi dinding rahim yang berusaha meluruhkan endometriumnya. Kalo sakitnya masih bisa ditahan, it's ok. Tapi kalo udah amat sangat kesakitan sekali, mendingan periksa ke dokter aja deh. Secara psikis, sebenarnya juga terjadi perubahan lho......... Makanya jangan heran kalo tiba-tiba temanmu yang rajin jadi malesnya minta ampun, atau malahan kamu yang tiba-tiba kena damprat sodara cewekmu padahal kan nggak salah apa-apa......(hihihi...sial dong), atau jangan-jangan kamu sendiri yang dialami, tiba-tiba sedih tanpa sebab.

Apapun itu, nggak perlu khawatir, soalnya hal tersebut diakibatkan perubahan keseimbangan hormon seksual pas menstruasi. Tengsin dong kalo seandainya pas menstruasi terus tembus ke pakaian, atau kamu nggak pengin kan, pas mens jongkok terus seharian karena nyeri perut ? Nah, supaya nggak tengsin en tetap PD saat menstruasi simak aja tips-tips berikut ini.

Pake pembalut yang nyaman dan mampu menyerap darah sebanyak mungkin.
Jangan males ganti pembalut , minimal 2 kali sehari , idealnya sih menggantinya 4 kali sehari . Ini menjaga agar tidak terjadi pembusukan dan tumbuh jamur yang bisa bikin keputihan di sekitar vagina
Biar nggak begitu nyeri, kurangi makanan bergaram dan bergula, minum soda dan kafein dan minum banyak-banyak air putih pas lagi mens.
Kalo toh kamu dapet nyeri haid juga usahakan untuk berbaring telentang sejenak dan atur nafas perlahan-lahan. Bisa juga dibarengi dengan mengompres perutmu pake air hangat.
Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.
Bersihkan vagina dengan air dingin atau air hangat dari arah depan ke belakang (searah).
Olah tubuh juga dong, pilih aja yang ringan dan bisa bikin rileks. Jadi tubuh bisa sedikit segeran, gitu.

Miss CB
Miss CB adalah penguasa rubrik SexbiRUcatiON di blog.

Saturday, April 09, 2005

Premenstrual Syndrome (PMS)

Anda termasuk orang yang sering mengalami PMS? Anda tak sendirian, karena ternyata 70% wanita di dunia menderita PMS sampai pada tingkat tertentu, demikian menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists. Pada tingkat yang paling ringan, PMS menyebabkan emosi wanita menjadi naik turun tidak menentu, perut kembung dan mual. Namun pada tingkat yang lebih berat, PSM bisa membuat penderitanya sangat terganggu, seperti tubuh lemas, kepala pusing bahkan terkadang sampai pingsan.

Untuk mengurangi rasa sakit akibat PMS, banyak cara yang telah dilakukan oleh para wanita, mulai dari mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, bermeditasi, melakukan olahraga ringan, sampai terapi menyeluruh menggunakan obat-obatan herbal. Hasilnya? Tentu saja berbeda-beda pada setiap penderita, tergantung dari kondisi fisik dan metabolisme dalam tubuh masing-masing penderita.

Ada satu cara yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan usaha yang diandandalkan untuk mengurangi gejala PMS ini adalah dengan melakukan perbaikan asupan gizi untuk tubuh. Jika 'aturan mainnya' dijalankan dengan benar. Meski tidak mengobati 100% tapi paling tidak dengan cara ini 'penderitaan' akibat PMS bisa diringankan. Lalu, apa saja makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi?


Kurangi asupan garam ke dalam tubuh.
Itu artinya segala macam makan yang asin-asin atau yang mengandung banyak garam harus dikurangi. Menurut Prof. Ellen Freeman, ahli obstetri dan ginokologi dari Fakultas Kedokteran Philadelphia, garam dapat menyebabkan penahanan air dan pembengkakan pada perut. Itu sebabnya, jika terlalu banyak mengkonsumsi garam menjelang menstruasi perut menjadi sering kembung dan sakit.

Batasi konsumsi minuman beralkohol.
Pada saat menjelang menstruasi, sistem dan cara kerja saraf wanita sangat peka sekali terhadap rangsangan. Mengapa? Karena, minuman beralkohol itu mengandung zat ethanol, suatu zat yang dapat menekan saraf pusat. Dengan demikian, jika konsumsi minuman beralkohol tidak dibatasi maka cara kerja hormon dan sistem saraf dalam tubuh bisa terganggu. Akibatnya gangguan PMS yang berhubungan dengan perasaan makin tidak terkontrol.

Minumlah susu.
Kebutuhan kalsium harian orang dewasa sekitar 1000 mg/hari. Jika jumlah ini tercukupi, maka kalsium dalam tubuh dapat membantu mengurangi gejala PMS seperti kram dan kejang perut. Hal ini karena kalsium yang terdapat pada susu dan produk olahannya terbukti dapat membantu tubuh melepaskan hormon endhorpin (hormon yang dapat membantu memberikan rasa nyaman) selama masa haid. Satu gelas susu mengandung 300 mg kalsium, demikian pula dengan segelas yoghurt. Untuk membatasi asupan lemak, maka bisa dipilih susu skim atau yogurt rendah lemak. Dengan tiga atau empat sajian produk susu rendah lemak tersebut. Maka Anda akan mendapatkan 1000 mg kalium tanpa bantuan suplemen.


Perbanyak makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks, seperti kentang, oats, jagung, kacang-kacangan, sayur polong-polongan, gandum dan roti. Menurut Ellen S. Mitchell, Ph.D guru besar di University of Washington School of Nursing, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks bisa menghilangkan gejala PMS. Terdapat hubungan antara karbohidrat kompleks dan serotonin (zat kimia otak) yang dapat mengendalikan mood, nafsu makan dan tidur. Pada saat PMS menyerang, karbohidrat kompleks ini secara konsisten dapat membantu mempertahankan kadar serotonin sehingga perubahan mood dan kecanduan makan dapat dihindari.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 (Piridoksin).
Sumber vitamin ini ada pada ikan tuna, hati sapi/ayam dan kedelai. Tercukupinya kandungan vitamin B6 dalam tubuh terbukti bisa mengontrol produksi hormon serotonin (hormon saraf yang bersifat depresan). Sehingga otak merasa merasa lebih rileks dan tenang menjelang PMS. Tapi awas, batas maksimal konsumsi vitamin B6 untuk orang dewasa adalah 50 mg/hari. Dalam jumlah yang lebih, vitamin B6 justru akan berfungsi sebagai racun dalam tubuh.

Friday, April 08, 2005

4 Mood Perempuan sebelum dan sesudah Menstruasi

Pria-pria selalu bilang, kalau memahami wanita itu sulit…Masa sih? Konon naik turunnya emosi wanita lah yang membuat para pria jadi mengerutkan dahi menghadapi lawan jenisnya ini. Menurut para ahli, wanita memiliki ketidakstabilan hormon, inilah yang jadi salah satu pemicu timbulnya hubungan yang kurang harmonis dengan lingkungan sekitarnya, termasuk pada pria pasangannya. Apa ini sepenuhnya benar?

Untuk mengenali dan mengatasi 'gangguan' kadar hormon yang 'naik turun' ini, berikut catatan menarik buat Anda agar bisa mengatasinya

Minggu 1 - Minggu setelah Haid
Pada minggu ini, setelah haid selesai, fluktuasi hormon estrogen mulai naik. Maka secara psikologis Anda bakal merasa lebih percaya diri, bersemangat dalam menghadapi aktifitas harian Anda. Jadi, manfaatkanlah kondisi menyenangkan ini untuk merencanakan beberapa rencana Anda yang sempat tertunda. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan kampus yang terbengkalai atau membereskan urusan organisasi yang tertunda.
SARAN: Pada kondisi ini biasanya kulit Anda sedang dalam kondisi sensitif. Jadi, rawatlah kulit dengan hati-hati dan hindari perawatan yang kecantikan yang menimbukan rasa sakit, seperti waxing atau peeling wajah.


Minggu 2 - Masa Ovulasi
Inilah saat hormon estrogen berada pada titik puncak dan produksi hormon progesteron juga meningkat. Efek psikologis yang Anda rasakan saat ini adalah merasa diri sangat seksi, sensual dan penuh gairah. Tak heran jika pada kondisi ini Anda bisa sangat menikmati hubungan cinta bersama pasangan dan sekaligus terlihat menarik bagi pasangan. Manfaatkanlah kondisi ini untuk menebarkan pesona dan energi positif Anda kepada semua orang. Dengan begitu semua orang akan lebih menyukai Anda.
SEBAGAI SARAN: Belilah parfum! Sebab pada minggu ini indra penciuman Anda sedang dalam keadaan yang sangat baik.


Minggu 3 - PMS
Jumlah hormon esterogen mulai menurun dan fluktuasi hormon progesteron mulai tidak stabil. Anda mulai merasakan hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti mudah jengkel, marah, cepat merasa frustasi dan mudah menangis. Nah, kalau sudah begini lebih baik hindari beraktifitas pada jam-jam sibuk dan hal-hal yang bisa membangkitkan emosi Anda.
SEBAGAI SARAN: Perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan magnesium, manjakan diri sendiri dengan relaksasi serta hindari kafein agar gejala PMS tak semakin parah. Melakukan Waxing dan peeling wajah juga dianjurkan.


Minggu 4 - Masa Menstrusasi
Pada kondisi ini, semua hormon dalam tubuh sedang dalam kondisi rendah atau 'tidur'. Jadi tak heran jika Anda lebih sering merasa lelah dan selalu ingin berbaring atau tiduran. Usahakan untuk banyak beristirahat agar tubuh dapat melakukan regenerasi.
SEBAGAI SARAN: Silahkan menyantap banyak cokelat, karena makanan lezat ini bisa membantu tubuh Anda melepaskan hormon serotonin yang menimbulkan rasa gembira dan riang.

Thursday, April 07, 2005

Laurier "berkata" ......

Apakah menstruasi itu
Merupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal.

Apakah Siklus Menstruasi Itu
Siklus menstruasi adalah jarak antara satu menstruasi ke menstruasi berikutnya. Siklus ini biasanya berlangsung kurang lebih 28 hari (antara 21-35 hari).

Berapa lama Menstruasi berlangsung
Biasanya, lamanya menstruasi bisa berbeda-beda, umumnya berkisar antara 3 sampai 8 hari. Tapi, rata-rata wanita mengalaminya selama 5 hari. Tetapi ada juga wanita yang mengalaminya selama 4 hari hingga 6 hari.

Sakit dan Kram perut saat menstruasi
Sakit perut saat menstruasi biasanya disebabkan karena tidak berimbangnya rasio atau jumlah antara estrogen terhadap progesteron. Biasanya, saat menstruasi rasio estrogen jauh lebih banyak dibanding progesteron. Dalam tubuh wanita, kedua hormon inilah yang berfungsi dalam pengaturan sistem reproduksi. Sejauh rasa sakit masih bisa ditahan, itu artinya masih dalam batas normal.

Cara mengurangi saat terasa skit dan kram waktu mens
Kompres
dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa perut atau pinggang bagian belakang).
Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri.
Minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi.
Menggosok-gosok perut/ pinggang yang sakit.
Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi.
Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.


Dari http://www.menstruasi.com/about_mens/_mens.html

Wednesday, April 06, 2005

Mitos mitos seputar Menstruasi

Menstruasi membuat tubuh menjadi lemah.
FAKTA: Hasil penelitian menyebutkan bahwa darah menstruasi yang keluar banyaknya kira-kira hanya 50-150 mililiter atau sekitar empat sampai enam sendok saja. Jadi tidak benar kalau tubuh akan menjadi lemas hanya karena Anda sedang menstruasi.

Sedang menstruasi = sedang sakit
FAKTA: Justru sebalinya, menstruasi adalah proses alami yang dialami oleh setiap wanita produktif. Menstruasi berarti wanita tersebut sehat dan sistem reproduksinya bekerja dengan normal sebagaimana mestinya.

Ingin menstruasi lancar? Sering-seringlah minum soft drink
FAKTA: Banyak yang percaya selain dapat memperlancar keluarnya darah, minum soft drink juga dapat mengurangi rasa sakit perut. Sebenarnya belum ada penelitian khusus mengenai hal ini. Sakit tidaknya perut saat menstruasi atau lancar tidaknya darah menstruasi yang keluar semua itu dipengaruhi oleh hormon serta faktor psikis seseorang.

Memakai pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan kemandulan.
FAKTA: Secara medis justru pembalut merupakan metode perawatan selama masa menstruasi agar tetap bersih dan tidak lembab. Pada dasarnya semua pembalut itu sehat, tetapi sebagian perempuan ada juga yang mengalami alergi dan iritasi. Hal ini tergantung dari sensitivitas organ kelamin perempuan yang masing-masing orang berbeda. Disarankan agar saat menstruasi untuk sesering mungkin mengganti pembalut (idealnya setiap 4 jam) terutama ketika sedang banyak-banyaknya keluar darah haid dan setelah buang air kecil atau besar.



Saat menstruasi dilarang berenang
FAKTA: Selama memakai pembalut dan tidak merasa risih, berenang saat menstruasi boleh-boleh saja dilakukan. Dan ini sama sekali tidak berpengaruh pada kesehatan. Sebagai saran, jika perut merasa kram, barulah hentikan aktifitas berenang.

Haid yang normal itu lamanya pasti seminggu
FAKTA: Tentu saja pendapat ini salah! Setiap wanita pasti memiliki masa haid yang berbeda dan tidak selalu harus tujuh hari. Wanita yang memiliki masa haid tiga, empat atau lima hari masih dianggap normal.

Jangan minum es saat menstruasi
FAKTA: Sesungguhnya air dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi. Terutama efek menghambat aliran darah. Selama tidak merasakan sakit ataupun perut kembung, minum air es sah-sah saja kok…

Bagaimana, apa masih mau percaya mitos?

Tuesday, April 05, 2005

Haydl

Haydl adalah istilah yang khusus digunakan dalam al-Qur'an, dan tidak ditemukan dalam teks Tawrat dan Injil. Dalam Al-Munjid fi al-Lughah, kata haydl, tanpa menjelaskan asal-usul dan padanannya, bermula dari kata hadla-hadlan yang diartikan dengan keluarnya darah dalam waktu dan jenis tertentu. Lihat Louis Ma'luf, Al-Munjid fi- al-Lughah, Beirut: Dar al-Masyriq, 1987, h.164. Hanya dalam Lisan al- Arab dikemukakan pendapat lain mengenai asal-usul kata tersebut. Menurut Al-Lihyani, Abu Sa'd, dan Abu Sukait, kata hadla dan hasha mempunyai arti yang sama yaitu "mengalir, menampal". Lihat Lisan al-Arab al-Muhith, Beirut: Dar Lisan al-'Arab, Juz 1, t.t., h.770. Hanya ada kesulitan kalau kedua kata itu diartikan sama, karena keduanya masing-masing mempunyai konteks penggunaan dalam al-Qur'an. Walaupun keduanya hanya disebutkan empat dan lima kali dalam bentuk mashdar dalam al-Qur an tetapi kata mahish lebih banyak berarti "jalan keluar" terhadap berbagai masalah, sedangkan mahidl dipakai dalam konteks darah haid.

Monday, April 04, 2005

Bahasa Arab dan Wanita

Mengapa bahasa Arab, bahasa yang digunakan dalam al-Qur'an, beberapa benda alam atau nama-nama benda yang menakjubkan seperti matahari (al-syams), bulan (al-qamar), langit (al-sama'), angin (al-rih), tanah, bumi (al-ardl), jiwa (al-nafs), dan lain sebagainya dikategorikan dalam bentuk (bahasa) perempuan (mu'annats)? Boleh jadi ini berkaitan dengan mitologi Mesir Kuno dan Asia Tengah pada umumnya, yang menganut faham The Mother God. Bulan misalnya dianggap sebagai "Ibu Alam Semesta" (The Mother, of Universe) karena mempunyai cahaya yang membawa kesuburan dan sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup. Bangsa Arab sebelum datangnya Islam, masih banyak menganggap bulan sebagai dewi yang sangat berpengaruh, dan menurut Owen, dari sinilah sebabnya mengapa umat Islam sejak awal sampai sekarang menjadikan bulan sebagai simbol dan Bulan Sabit menjadi semacam lambang "Palang Merah" dunia Islam.
(Barbra Walker, The Women's Encyclopaedia of Myths and Sacrets, San Fransisco, Harper & Row, 1983, h. 669).(Lara Owen, Her Blood is Gold, Celebrating the Power of Menstruation, San Francisco: Harper San Francisco, 1993, h. 30-31)

Sunday, April 03, 2005

Kosmetik

Kata kosmetic, berasal dari bahasa Greek, cosmetikos yang arti dan konotasinya berhubungan erat dengan kata cosmos yaitu perihal keteraturan bumi. Juga berhubungan dengan kata cosmology, yang menunjuk kepada kajian astronomi tentang keserasian antara ruang dan waktu (space-time relationship) yang juga menjadi sasaran kajian metafisik. Istilah lain yang erat hubungannya kata tersebut ialah kata cosmogony yang berarti deskripsi tentang asal-usul alam semesta (description of the origin of the universe). Juga dengan kata cosmography berarti deskripsi tentang keserasian lingkungan alam (description of the order of nature). Akan tetapi istilah "kosmetik" yang sekarang menjadi alat kecantikan wanita lebih dekat kepada kata cosmetikos tadi, berarti sesuatu yang harus diletakkan pada anggota badan wanita guna menjaga terpeliharanya keutuhan lingkungan alam.
(Judi Grahn, Blood, Bread, and Roses, How Menstruation Created the World, Bostom: Beacon Press, 1993, h. 72-73).

Saturday, April 02, 2005

Releasing Hormones

Penyaluran RH yang yang disalurkan dari hipotalamus ke hipofisis, sangat dipengaruhi oleh mekanisme umpan balik estrogen terhadap hipotalamus, dan juga oleh pengaruh luar, seperti cahaya, bau-bauan melaui bulbus olfaktorius, dan hal-hal psikologik. Salah satu contoh adalah di negara bermusim dingin dan panas, dimana kehamilan lebih banyak terjadi si musim semi (mulai ada cahaya) dan musim panas (adanya banyak cahaya). Sampai dimana bau-bauan mempunyai pengaruh terhadap manusia masih belum dapat dijelaskan secara signifikan. Namun dari percobaan pheromoenes (bau-bauan yang merangsang berahi) pada primata, mendukung dugaan bahwa bulbus olfaktorius mempunyai peranan untuk mengeluarkan releasing hormones. Sebuah percobaan di Amerika menyebutkan bahwa seorang wanita akan cenderung memilih pria yang memiliki kesamaan bau tubuh dengan ayahnya, sebagai pasangan hidup. Sayangnya tidak disebutkan apakah responden dari percobaan ini kemudian menikah dan akhirnya lebih cepat memiliki keturunan daripada pasangan lain dimana pasangan prianya tidak memiliki bau tubuh yang sama dengan ayah si wanitanya . Pheromones terdiri atas berbagai asam lemak, seperti asam asetat, propionat, isobutarat, isovaleriant, dan isokaproat.
Bahwa factor psikologik mempunyai peranan pula, dapat ditemukan antara lain pada wanita dengan pseudocyesis.

Friday, April 01, 2005

Bersuci

Thaharah termasuk kata yang sering muncul dalam kitab suci terdahulu, seperti dalam kitab Taurat sering dihubungkan dengan mikvah/family purity yaitu melakukan mandi secara ritual dengan air yang telah diberkahi, biasanya pada petang hari ketujuh masa menstruasi. Lihat Lisa Aiken, ibid, h. 164-165. Makna thaharah tersebut mempunyai kemiripan fungsi dalam Islam, yaitu melakukan pembersihan sesudah melakukan persetubuhan atau seusai menjalani menstruasi. Hanya dalam Tafsir al-Alusi memberikan komentar bahwa yang dimaksud bersih dari ayat tersebut ialah pembersihan secara hakiki, yakni melakukan pembersihan diri secara sempurna (al-thaharah al-kamilah) dengan mandi, maksudnya berhentinya haid tidak bisa dijadikan ukuran tetapi mandi wajib sesudah haid itulah yang dijadikan 'ibarah. Al-Alusi cenderung sependapat dengan 'Ashim yang membaca yaththahharna (dengan tasdiq) yang memfaedahkan upaya intensif untuk membersihkan diri. Lihat Tafsir al-Alusi, Juz 2.: h.123. Imam Syafi'i cukup dengan mandi seperti mandi janabah, yakni menbasahi seluruh anggota badan, sebagian ulama lain seperti 'Atha' dan Thawus berpendapat bahwa wanita pasca haid mesti mandi dan berwudlu. Lihat al-Razi dalam op. cit" h. 69.

Free Web Site Template