Saturday, April 09, 2005

Premenstrual Syndrome (PMS)

Anda termasuk orang yang sering mengalami PMS? Anda tak sendirian, karena ternyata 70% wanita di dunia menderita PMS sampai pada tingkat tertentu, demikian menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists. Pada tingkat yang paling ringan, PMS menyebabkan emosi wanita menjadi naik turun tidak menentu, perut kembung dan mual. Namun pada tingkat yang lebih berat, PSM bisa membuat penderitanya sangat terganggu, seperti tubuh lemas, kepala pusing bahkan terkadang sampai pingsan.

Untuk mengurangi rasa sakit akibat PMS, banyak cara yang telah dilakukan oleh para wanita, mulai dari mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, bermeditasi, melakukan olahraga ringan, sampai terapi menyeluruh menggunakan obat-obatan herbal. Hasilnya? Tentu saja berbeda-beda pada setiap penderita, tergantung dari kondisi fisik dan metabolisme dalam tubuh masing-masing penderita.

Ada satu cara yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan usaha yang diandandalkan untuk mengurangi gejala PMS ini adalah dengan melakukan perbaikan asupan gizi untuk tubuh. Jika 'aturan mainnya' dijalankan dengan benar. Meski tidak mengobati 100% tapi paling tidak dengan cara ini 'penderitaan' akibat PMS bisa diringankan. Lalu, apa saja makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi?


Kurangi asupan garam ke dalam tubuh.
Itu artinya segala macam makan yang asin-asin atau yang mengandung banyak garam harus dikurangi. Menurut Prof. Ellen Freeman, ahli obstetri dan ginokologi dari Fakultas Kedokteran Philadelphia, garam dapat menyebabkan penahanan air dan pembengkakan pada perut. Itu sebabnya, jika terlalu banyak mengkonsumsi garam menjelang menstruasi perut menjadi sering kembung dan sakit.

Batasi konsumsi minuman beralkohol.
Pada saat menjelang menstruasi, sistem dan cara kerja saraf wanita sangat peka sekali terhadap rangsangan. Mengapa? Karena, minuman beralkohol itu mengandung zat ethanol, suatu zat yang dapat menekan saraf pusat. Dengan demikian, jika konsumsi minuman beralkohol tidak dibatasi maka cara kerja hormon dan sistem saraf dalam tubuh bisa terganggu. Akibatnya gangguan PMS yang berhubungan dengan perasaan makin tidak terkontrol.

Minumlah susu.
Kebutuhan kalsium harian orang dewasa sekitar 1000 mg/hari. Jika jumlah ini tercukupi, maka kalsium dalam tubuh dapat membantu mengurangi gejala PMS seperti kram dan kejang perut. Hal ini karena kalsium yang terdapat pada susu dan produk olahannya terbukti dapat membantu tubuh melepaskan hormon endhorpin (hormon yang dapat membantu memberikan rasa nyaman) selama masa haid. Satu gelas susu mengandung 300 mg kalsium, demikian pula dengan segelas yoghurt. Untuk membatasi asupan lemak, maka bisa dipilih susu skim atau yogurt rendah lemak. Dengan tiga atau empat sajian produk susu rendah lemak tersebut. Maka Anda akan mendapatkan 1000 mg kalium tanpa bantuan suplemen.


Perbanyak makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks, seperti kentang, oats, jagung, kacang-kacangan, sayur polong-polongan, gandum dan roti. Menurut Ellen S. Mitchell, Ph.D guru besar di University of Washington School of Nursing, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks bisa menghilangkan gejala PMS. Terdapat hubungan antara karbohidrat kompleks dan serotonin (zat kimia otak) yang dapat mengendalikan mood, nafsu makan dan tidur. Pada saat PMS menyerang, karbohidrat kompleks ini secara konsisten dapat membantu mempertahankan kadar serotonin sehingga perubahan mood dan kecanduan makan dapat dihindari.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 (Piridoksin).
Sumber vitamin ini ada pada ikan tuna, hati sapi/ayam dan kedelai. Tercukupinya kandungan vitamin B6 dalam tubuh terbukti bisa mengontrol produksi hormon serotonin (hormon saraf yang bersifat depresan). Sehingga otak merasa merasa lebih rileks dan tenang menjelang PMS. Tapi awas, batas maksimal konsumsi vitamin B6 untuk orang dewasa adalah 50 mg/hari. Dalam jumlah yang lebih, vitamin B6 justru akan berfungsi sebagai racun dalam tubuh.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Free Web Site Template