Sunday, April 10, 2005

Mensetory

Sstt, dengerin deh cerita yang satu ini......." Eh , jangan deket - deket sama cewek itu, dia kena kutuk lho," kata Suti. " Masa sih ? Yang benar dong kalo ngomong , jangan asal aja," Jawab Dina."Eh , dibilangin nggak percaya . " " Emang kenapa sih cewek itu ?"." Itu tuh , dia mens.........." " Lho , emang napa kalo cewek mens, kan normal?" Dian bertanya heran ." Iya, tapi dia tuh sudah mens sejak kelas 3 SD, coba bayangin , apa itu normal. Kan yang namanya mens itu kalo udah SMP, kaya ' seumur kita -kita gini," kata Suti ngotot.
"2 Minggu yang lalu , saya baru mendapat mens . Koq sekarang sudah mens lagi. Kira-kira normal nggak sih ?"
"Saya kok belum dapet mens ya..... padahal sekarang saya udah kelas 3 SMU. Saya kan jadi minder , apalagi teman se-gank saya sudah dapet."Wah, nano-nano ya... ceritanya. Dapet mens bingung, belum dapet....... tambah puyeng { ^ - ^ }. Sebenarnya apa dan gimana sih menstruasi itu ? Penasaran ? Mau tau jawabannya ? Ok, simak deh yang satu ini.................
Menstruasi , sebenarnya adalah peristiwa alamiah , yang menandakan tubuh kita sehat dan sistem reproduksi kita bekerja dengan semestinya. Dan..... menstruasi bukanlah kutukan (Catet !!!)
Jadi cerita pertama itu nggak bener dong, tapi, kok dia udah dapet menstruasi padahal baru kelas 3 SD ? Memang , nggak seorangpun yang bisa tau secara pasti tanggal, hari dan jam berapa menarche (menstruasi pertama kali) akan datang.
Pada umumnya, menarche terjadi pada umur 13 tahun , tapi tidak tertutup kemungkinan datang di usia 9 tahun ( termuda ) atau malahan baru dateng di usia 17 tahun.
Keadaan gizi yang makin baik akan mempercepat pula kematangan organ-organ reproduksi kita , artinya makin cepat pula datengnya menarche kita. Tapi, kalo sampai umur 17 tahun lebih kamu belum juga menstruasi, segera periksa ke dokter deh , siapa tau ada yang nggak beres dengan organ reproduksi kamu.

Di tubuh kita sebenarnya terdapat jam biologis yang berpusat di kelenjar hipofisis di dasar kepala. Nah, pada saatnya nanti kelenjar ini ngasih pesan ke tubuh tanda tibanya waktu bagi organ seks untuk mulai berfungsi . Pada cewek peristiwa ini disebut menarche (menstruasi pertama kali) , itu berarti organ reproduksinya normal dan fisiknya akan mulai terbentuk layaknya perempuan dewasa.

Setiap bulan, salah satu ovarium (indung telur) akan menghasilkan satu sel telur yang matang. Untuk diketahui setiap cewek punya dua ovarium yang menghasilkan ovum (sel telur) secara bergantian setiap bulannya. Sebelum terjadi ovulasi (pelepasan ovum dari ovarium). Kelenjar hipofisis akan menaikkan kadar hormon estrogen dan progesteron. Hormon estrogen ini yang bikin lapisan lembut (endometrium) pada dinding rahim sebelum telur dilepaskan oleh indung telur. Sedangkan hormon progresteron ngasih tau ke rahim untuk menjaga endometrium agar tidak luruh, ini fungsinya untuk mempersiapkan seandainya terjadi pembuahan maka disitulah nantinya embrio akan tumbuh dan berkembang menjadi bayi.

Kalo sudah dilepaskan, si sel telur akan ditangkap oleh tangan-tangan fimbriae trus dia jalan-jalan ke tuba fallopii en berakhir sampai ke rahim. Nah kalo pas jalan-jalan tadi si sel telur itu nggak ketemu sperma yang membuahinya, ia bakal mati dalam waktu 24 jam, luruh bersama dengan lapisan rahim tadi dan keluar melalui vagina berupa darah. Inilah yang disebut menstruasi.
Biasanya menstruasi terjadi sekitar 3 hingga 7 hari. Dua atau tiga hari pertama emang cukup banyak darah yang keluar, tapi hari berikutnya, jumlah tersebut berkurang hingga berhenti sama sekali.


Eh eh eh..............jangan berhenti dulu, ini belum selesai ceritanya. Tadi udah tau cerita tentang menstruasi sekarang kenalan juga dong ama siklus menstruasi....................
Siklus menstruasi adalah rentang waktu dari setiap menstruasi. Siklus ini berlangsung hingga perempuan berusia 45-55 tahun. Siklus menstruasi panjangnya bervariasi. Normalnya sih 21 hari bagi yang bersiklus pendek dan 35 hari bagi yang bersiklus panjang. Jadi, jangan kaget jika ada yang siklusnya berubah-ubah. Hal itu masih dapat dikatakan normal. Lagian menstruasi juga dipengaruhi sama kondisi fisik dan psikismu (contoh nih, faktor stres dan kelelahan).

Sekilas Info nih,
Pada beberapa cewek terkadang mengalami nyeri sebelum atau pada saat menstruasi. Ada juga yang mual, pegal-pegal, sakit perut, pusing.... de el el. Malahan ada yang pake acara pingsan segala lho.... (waduh gawat dong). Nyeri yang dirasakan pada saat menstruasi itu diakibatkan adanya kontraksi dinding rahim yang berusaha meluruhkan endometriumnya. Kalo sakitnya masih bisa ditahan, it's ok. Tapi kalo udah amat sangat kesakitan sekali, mendingan periksa ke dokter aja deh. Secara psikis, sebenarnya juga terjadi perubahan lho......... Makanya jangan heran kalo tiba-tiba temanmu yang rajin jadi malesnya minta ampun, atau malahan kamu yang tiba-tiba kena damprat sodara cewekmu padahal kan nggak salah apa-apa......(hihihi...sial dong), atau jangan-jangan kamu sendiri yang dialami, tiba-tiba sedih tanpa sebab.

Apapun itu, nggak perlu khawatir, soalnya hal tersebut diakibatkan perubahan keseimbangan hormon seksual pas menstruasi. Tengsin dong kalo seandainya pas menstruasi terus tembus ke pakaian, atau kamu nggak pengin kan, pas mens jongkok terus seharian karena nyeri perut ? Nah, supaya nggak tengsin en tetap PD saat menstruasi simak aja tips-tips berikut ini.

Pake pembalut yang nyaman dan mampu menyerap darah sebanyak mungkin.
Jangan males ganti pembalut , minimal 2 kali sehari , idealnya sih menggantinya 4 kali sehari . Ini menjaga agar tidak terjadi pembusukan dan tumbuh jamur yang bisa bikin keputihan di sekitar vagina
Biar nggak begitu nyeri, kurangi makanan bergaram dan bergula, minum soda dan kafein dan minum banyak-banyak air putih pas lagi mens.
Kalo toh kamu dapet nyeri haid juga usahakan untuk berbaring telentang sejenak dan atur nafas perlahan-lahan. Bisa juga dibarengi dengan mengompres perutmu pake air hangat.
Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.
Bersihkan vagina dengan air dingin atau air hangat dari arah depan ke belakang (searah).
Olah tubuh juga dong, pilih aja yang ringan dan bisa bikin rileks. Jadi tubuh bisa sedikit segeran, gitu.

Miss CB
Miss CB adalah penguasa rubrik SexbiRUcatiON di blog.

1 Comments:

At 9:38 AM, Anonymous jokaw said...

wadddddddduh puusinnnnnng
untung gw diciiptakan sebagai pria
THANK GOD !

BY THE WAY siapa neh yang namanya mis cb,
kenalan duonk
boleh ga ?

jokaw

 

Post a Comment

<< Home

Free Web Site Template