Friday, April 08, 2005

4 Mood Perempuan sebelum dan sesudah Menstruasi

Pria-pria selalu bilang, kalau memahami wanita itu sulit…Masa sih? Konon naik turunnya emosi wanita lah yang membuat para pria jadi mengerutkan dahi menghadapi lawan jenisnya ini. Menurut para ahli, wanita memiliki ketidakstabilan hormon, inilah yang jadi salah satu pemicu timbulnya hubungan yang kurang harmonis dengan lingkungan sekitarnya, termasuk pada pria pasangannya. Apa ini sepenuhnya benar?

Untuk mengenali dan mengatasi 'gangguan' kadar hormon yang 'naik turun' ini, berikut catatan menarik buat Anda agar bisa mengatasinya

Minggu 1 - Minggu setelah Haid
Pada minggu ini, setelah haid selesai, fluktuasi hormon estrogen mulai naik. Maka secara psikologis Anda bakal merasa lebih percaya diri, bersemangat dalam menghadapi aktifitas harian Anda. Jadi, manfaatkanlah kondisi menyenangkan ini untuk merencanakan beberapa rencana Anda yang sempat tertunda. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan kampus yang terbengkalai atau membereskan urusan organisasi yang tertunda.
SARAN: Pada kondisi ini biasanya kulit Anda sedang dalam kondisi sensitif. Jadi, rawatlah kulit dengan hati-hati dan hindari perawatan yang kecantikan yang menimbukan rasa sakit, seperti waxing atau peeling wajah.


Minggu 2 - Masa Ovulasi
Inilah saat hormon estrogen berada pada titik puncak dan produksi hormon progesteron juga meningkat. Efek psikologis yang Anda rasakan saat ini adalah merasa diri sangat seksi, sensual dan penuh gairah. Tak heran jika pada kondisi ini Anda bisa sangat menikmati hubungan cinta bersama pasangan dan sekaligus terlihat menarik bagi pasangan. Manfaatkanlah kondisi ini untuk menebarkan pesona dan energi positif Anda kepada semua orang. Dengan begitu semua orang akan lebih menyukai Anda.
SEBAGAI SARAN: Belilah parfum! Sebab pada minggu ini indra penciuman Anda sedang dalam keadaan yang sangat baik.


Minggu 3 - PMS
Jumlah hormon esterogen mulai menurun dan fluktuasi hormon progesteron mulai tidak stabil. Anda mulai merasakan hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti mudah jengkel, marah, cepat merasa frustasi dan mudah menangis. Nah, kalau sudah begini lebih baik hindari beraktifitas pada jam-jam sibuk dan hal-hal yang bisa membangkitkan emosi Anda.
SEBAGAI SARAN: Perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan magnesium, manjakan diri sendiri dengan relaksasi serta hindari kafein agar gejala PMS tak semakin parah. Melakukan Waxing dan peeling wajah juga dianjurkan.


Minggu 4 - Masa Menstrusasi
Pada kondisi ini, semua hormon dalam tubuh sedang dalam kondisi rendah atau 'tidur'. Jadi tak heran jika Anda lebih sering merasa lelah dan selalu ingin berbaring atau tiduran. Usahakan untuk banyak beristirahat agar tubuh dapat melakukan regenerasi.
SEBAGAI SARAN: Silahkan menyantap banyak cokelat, karena makanan lezat ini bisa membantu tubuh Anda melepaskan hormon serotonin yang menimbulkan rasa gembira dan riang.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Free Web Site Template